ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Sejarah Toyota Land Cruiser

06 November 2015

Pada bulan Juni 1950 Korea Utara menyerbu Korea Selatan, peristiwa ini dikenal dengan Perang Korea yang terjadi pada masa perang dunia ke 2. PBB dan Amerika yang memiliki pangkalan di Jepang ikut membantu Korea Selatan dari invasi Korea Utara.

Militer Amerika meminta Toyota selaku produsen kendaraan untuk mengembangkan kendaraan yang dapat digunakan oleh pasukan AS dalam pertempuran. Penunjukan ini dikarenakan Toyota sudah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan untuk militer Jepang pada tahun 1940an.

Toyota BJ 1951

Tahun 1951 Toyota mulai memproduksi prototipe sesuai permintaan Amerika, kendaraan ini adalah prototipe dari Kendaraan Polisi Jepang (National Police Reserve) yang menggunakan mesin tipe B dengan sasis truk 1 ton tipe SB. Namun pada akhirnya kendaraan ini ditolak karena Amerika lebih memilih Jeep yang diproduksi di Amerika. 

Toyota tidak menyerah, seiring dengan pembukaan pembatasan ekspor Toyota mulai mengembangkan, memproduksi dan memasarkan sendiri prototipe dari Kendaraan tersebut, kemudian pada tahun 1953 lahirlah Toyota Jeep BJ dimana B inisial untuk seri mesin dan J merupakan kepanjangan dari Jeep. Hingga hari ini kode J masih di gunakan untuk semua model Land Cruiser dimana kode J20 atau Land Cruiser 200 adalah kode yang saat ini ada di pasaran.  

karena nama Jeep menjadi nama merk dagang tersendiri akhirnya nama tersebut diubah menjadi Land Cruiser dan mulai di eksport ke sejumlah Negara seperti Pakistan dan Arab Saudi pada tahun 1955. Kesuksesan dari pengembangan prototipe ini membuat Kepolisian Jepang mulai menggunakan kendaraan tersebut.


Toyota Land Cruiser J20 / L200

Sejak saat itu Toyota Land Cruiser mula dikenal sebagai merek kendaraan SUV Toyota dan hingga kini menjadi kendaraan yang dikenal diseluruh penjuru dunia dan terjual lebih dari 5 juta unit diseluruh dunia.


Friends Added
Description
: Sejarah Toyota Land Cruiser
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Sejarah Toyota Land Cruiser
0 Comments