ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Mengenal Lebih Dekat Toyota Agya Indonesia

07 February 2016

Anda butuh mobil baru sebagai pengganti sepeda motor? atau jika Anda pemilik mobil bekas yang ingin merasakan memiliki mobil baru? Jika Ia Toyota Agya adalah jawabannya. Mobil di kelas entry hatchback ini satu-satunya kendaraan di kelas Low Cos Green Car (LCGC) yang dijual oleh Toyota Astra Motor (TAM). Sesuai dengan kategori mobil ini memiliki harga murah dan tentunya sangat irit bahan bakar. Apa kelebihan dari Toyota Agya mari kita bahas bersama.
Toyota Agya TRD S

Sejarah LCGC
Keinginan masyarakat akan mobil murah sangat tinggi di Indonesia, hal ini yang mendasari pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengeluarkan regulasi bagi agen tunggal pemegang merek untuk membuat mobil dengan kriteria murah dan ramah lingkungan. 

Tidak hanya itu persaingan dengan Thailand sebagai basis produksi mobil murah menjadi alasan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan terkait mobil murah agar Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dan tidak hanya menjadi negara importir saja. 

Mobil LCGC murah karena jenis mobil ini mendapatkan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berkisar 0-75 persen. Insentif ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 41/2013 tentang PPnBM Kendaraan Bermotor dan LCGC. Kriteria mobil berdasarkan besaran diskon atau subsidi. 
  1. PPnBM 75 persen dari harga jual untuk kendaraan berteknologi khusus* dengan konsumsi bahan bakar mulai 20km-28 km per liter
  2. PPnBM 50 persen dari harga jual untuk kendaraan berteknologi khusus* dengan konsumsi bahan bakar lebih dari 28 km per liter
  3. PPnBM 0 persen untuk kendaraan yang ikut program LCGC dengan syarat: kapasitas mesin mobil di bawah 1.200 cc (diesel 1.500 cc) dengan konsumsi bahan bakar paling sedikit 20 km.
*teknologi advance diesel/petrol engine, dual petrol gas engine (converter kit CNG/LGV), biofuel engine, hybrid engine, CNG/LGV dedicated engine.

Sesuai dengan peraturan pemerintah bagi produsen mobil untuk LCGC dari Kementrian Perindustrin melalui Permen Perindustrian No 33/M-IND/PER/7/2013 terkait LCGC:
  1. Konsumsi Bahan Bakar:
  2. -Motor bakar cetus api dengan kapasitas isi silinder 980 cc-1200 cc menggunakan BBM jenis RON 92 atau bahan bakar lain yang setara minimal 20 km/liter.
    -Motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas isi silinder sampai 1500 cc menggunakan BBM jenis CN 51atau bahan bakar lain yang setara minimal 20 km/liter.
  3. Penggunaan merek, model, dan logo khas Indonesia.
  4. Harga jual patokan tertinggi LCGC Rp 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek. Harga ini belum termasuk pajak daerah, bea balik nama, dan pajak kendaraan bermotor.
  5. Harga patokan tertinggi bisa disesuaikan tergantung perkembangan inflasi, kurs rupiah,dan harga bahan baku. Dan, bila menggunakan teknologi transisi otomatis, maksimal penyesuaian harga 15%. Bila menggunakan teknologi pengaman penumpang, maksimal penyesuan harga 10% ditas harga patokan tertinggi.
  6. Harga boleh berubah setiap tahun. 
Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh ATPM untuk memproduksi mobil LCGC adalah bahan baku kendaraan memiliki kandungan lokal 85%. 

Launcing Toyota Agya di Indonesia
Toyota Agya mengawali debut perdananya pada saat dipamerkan di ajang IIMS pada tahun 2012. Setelah melalui tahap pengujian sebagai syarat untuk memenuhi regulasi kendaraan LCGC pada bulan September 2013 Toyota Agya resmi di jual ke publik di Indonesia.

Toyota Agya E

Berbagai rekor di pecahkan pada saat diluncurkan, dalam 3 jam 1500 unit Agya dipesan pada saat di perkenalkan pada tanggal 10 September 2013 di Parkir Timur Senayan Jakarta. Sejak diperkenalkan 2012 hingga saat peluncuran resmi oleh TAM, Agya sudah dipesan sebanyak 10.000 unit.

Sejak diluncurkan hingga saat ini Toyota Agya memiliki 3 tipe yaitu Agya E sebagai line up terbawah, Agya G sebagai line up tengah dan Agya TRD S sebagai tipe tertinggi. Semua tipe Agya tersedia dalam mesin manual dan otomatis. Toyota Agya tipe G dan TRD relatif sama perbedaannya adalah hanya di tambahan aksesoris TRD S saja. 


Pertama kali di rilis Agya hadir dalam 6 pilihan warna yaitu Black (X13), Grey Metallic (S37), White (W09), Silver Metallic (1E7), Dark Blue Metallic (B60) dan Light Blue (B74). 

Dimensi Agya dirancang untuk bermanufer lincah di jalan padat sesuai karakter jalan perkotaan, oleh karena itu dimensi dari mobil ini cukup kecil dengan ukuran panjang untuk semua tipe adalah 3600 mm, lebar Agya tipe E 1600 mm untuk tipe G dan TRD S adalah 1620 mm dengan tinggi 1520 mm.

DIMENSI
AGYA E
AGYA G dan TRD
Panjang (mm)
3600
3600
Lebar (mm)
1600
1620
Tinggi (mm)
1520
1520
Wheel Base (mm)
2450
2450
Ground Clearance (mm)
180
180
Tread Front (mm)
1430
1410
Tread Rear (mm)
1425
1405



Sesuai dengan peraturan tentang LCGC untuk logo depan yang digunakan harus logo khas sesuai dengan ciri Indonesia karena itu logo pada Agya adalah logo burung garuda yang merupakan logo yang juga digunakan pada lambang negara. 

Selain di pasarkan di Indonesia Toyota Agya juga di ekspor ke Filipina namun dengan nama lain yaitu Toyota Wigo dan di ekspor sejak Januari 2014. 

Toyota Wigo 

Improvement Pertama Toyota Agya 
Oktober 2014 penyegaran pertama pada Agya resmi dirilis dengan sejumlah penyegaran pada interior dan eksterior serta penambahan satu warna baru yaitu merah namun menghilangkan warna lama yaitu warna Light Blue (B74). 

Kombinasi meter pada Toyota Agya tipe E tipe sebelumnya hanya satu saja, pada penyegaran ini ditambahkan dengan Tachometer, Eco Indicator dan MID. Atau tipe E memiliki kombinasi meter sama seperti tipe G dan TRD Sportivo. 

Meter Kombinasi Agya (All Type)

Penyegaran untuk tipe G dan TRD S dari sisi eksterior adalah dengan pemabahan wiper belakang sehingga memudahkan berkendara saat hujan. Untuk interior tipe G dan TRD S di berikan tambahan speaker pada pintu kanan dan kiri pada pintu baris kedua sehingga total memiliki 4 speaker.
Toyota Agya G

Improvement Kedua Toyota Agya 
Penyegaran kedua dilakukan oleh TAM pada bulan April 2015 dengan fokus pada bagian interior yaitu dengan menambahkan fitur keamanan dan kenyamanan. Struktur bodi Agya diperkuat untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan. 

Untuk kenyamanan selama berkendara semua tipe Agya ditambahkan Air Fresh Lever sehingga memungkinkan aliran udara segar ke dalam kabin saat berkendara di pegunungan dan membuat kabin Agya lebih nyaman dan segar.

Semua tipe Agya juga ditambahkan ISOFIX pada kursi belakang memudahkan memasang kursi tambahan untuk buah hati dengan posisi yang aman dan tetap terasa lega. 

Harga Toyota Agya saat ini adalah sebagai berikut; harga ini berlaku untuk wilayah Jakarta dan Jabodetabek. Untuk harga di wilayah lain di Indonesia dapat dilihat di menu Daftar Harga.

No. TIPE HARGA
1. Toyota Agya E M/T Rp. 112.430.000
2. Toyota Agya E A/T Rp. 124.160.000
3. Toyota Agya G M/T Rp. 120.430.000
4. Toyota Agya TRD S M/T Rp. 124.530.000
5. Toyota Agya G A/T Rp. 130.460.000
6. toyota Agya TRD S A/T Rp. 135.060.000

Harga berlaku mulai bulan Januari 2016 dan sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya, silakan cek Daftar Harga untuk update harga terbaru. 
Friends Added
Description
: Mengenal Lebih Dekat Toyota Agya Indonesia
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Mengenal Lebih Dekat Toyota Agya Indonesia
0 Comments